Senin, 14 Februari 2011

Sharing Internet Dari USB Modem Dengan Router Ke PC Lain

Jaman sekarang semakin berkembang, fasilitas internet dapat diakses melalui USB Modem berbentuk seperti flashdisk. Dengan Modem ini tidak perlu kita menggunakan kabel UTP dan dapat di pasang dikomputer manapun kita ingin ber internet.

Dengan USB Modem ini kita juga dapat berbagi dengan komputer lain untuk dapat sharing internet, melalui Router. Disini akan saya jelaskan bagaimana cara membagi (Sharing) Internet ke komputer lain melalui Router.

Mengapa menggunakan Router ?

Untuk sharing Internet sederhana cukup dengan menggunakan hub saja, tapi bila dengan router anda dapat membagi internet ke komputer lain melalui wireless (Semacam Hostpot kecil di rumah), kalau hanya dengan hub, anda perlu melakukan sambungan kabel UTP dari komputer ke hub dan dari hub ke Komputer lainnya.

Baiklah kita mulai saja

Setelah anda persiapkan segala peralatan dan software, dan USB modem telah bekerja di komputer anda dan bisa akses ke internet anda dapat mulai melakukan langkah berikut dibawah :

Mensetting Koneksi baru

1. Putuskan Hubungan Internet (Tapi USB Modem Jangan di cabut dari USB Portnya)
2. Buat Koneksi baru caranya klik Start, kemudian klik Accesories, lalu klik Comunication dan selanjutnya klik New Conection Wizard.
3. Bila muncul Jendela baru klik Next.
4. Centang pilihan Conect to the Internet, lalu klik Next
5. Centang pilihan Set up my connection manually lalu klik Next
6. Selanjutnya Centang pilihan Connect using a dial-up modem lalu klik Next
7. Masukkan ISP Name (Contohnya : Smart, flexy, IM2 dll) kita gunakan semagai contoh koneksi Flexi, kemudian klik Next
8. Masukkan Phone Number (Sesuai dengan phone number untuk internet dari operator contohnya untuk Flexi #777) lalu klik Next
9. Masukkan User name, pasword, dan confirm pasword (Sesuai dengan user name dan pasword yang diberikan oleh operator, contohnya untuk Flexi, usernamenya : ………@free, dan paswordnya telkom) lalu klik Next.
10. Centrang pilihan Add a shortcut to this connection to my desktop, untuk menampilkan icon koneksi internet anda ke desktop, lalu klik Finish

Mensetting Sharing Komputer

1. Klik 2x ikon koneksi internet Flexi yang ada di desktop
2. Setelah muncul jendela Connect Flexi, klik tombol Properties
3. Lalu klik tombol tab Advanced
4. Centang pilihan “Allow Other network user to connect through this computer….“, kemudian klik Ok
5. Akan muncul pesan yang memberitahukan bahwa bila koneksi internet di eable, maka lan card anda di set ke IP adress yang diberikannya sebagai contoh 192.168.0.1, klik Yes
6. Cek Lan card anda dengan cara klik kanan My Network Paces, kemudian klik properties, lalu klik 2x icon Local area Conection, kemudian pilih Internet Protocol(TCP/IP) kemudian klik properties, Maka IP lan card anda akan tampil sesuai dengan yang diberikan oleh Usb Modem Flexi tadi.
7. Sampai disini sharing antara USB modem ke Lan card anda telah berhasil di setting.

Mensetting Router

Setelah sharing antara USB Modem dengan Lan card telah selesai, hubungkan komputer anda melalui Lan card port ke Lan Port Router
Selanjutnya lakukan langkah berikut ini

1. Hidupkan power Router anda
2. Buka Mozilla firefox atau internet Explorer
3. Ketikkan Ip adress Router pada Adress bar browser anda, lalu tekan Enter (Bila anda membeli router maka anda akan diberikan IP adress agar dapat konek antara PC dengan router untuk setting)
4. Masukkan User Name dan Pasword (Sesuai dengan pasword standard user name dan Pasword router saat anda membeli biasanya user name dan paswordnya admin)
5. Setelah anda masuk ke menu Router, Setting Gatway Router dengan IP adress Lan Card Computer seperti contoh diatas 192.168.0.1.
6. Kemudian Setting IP adress Router 192.168.0.2
7. Lalu setting Router meng enablekan Wireless.

Selesai sudah setting router, komputer lain akan dapat konek ke internet pada saat anda mengklik tombol Dial pada koneksi Flexi, Agar komputer lain dapat koneksi ke Internet, anda dapat mensetting dengan konfigurasi IP statik, atau dengan IP adress selanjutnya dari IP adress Router yaitu 192.168.0.3 dst serta Gatway 192.168.0.1

Selamat mencoba, semoga bermanfaat

1 komentar: