Sabtu, 12 Februari 2011

Fitur Keamanan baru untuk melindungi Akun Facebook anda


Saya yakin belum banyak yang tahu tentang hal ini, termasuk saya beberapa saat yang lalu bahwa Facebook baru-baru ini menambahkan fitur keamanan baru dimana setiap halaman facebook yang kita buka sudah support dengan HTTPS. Http Secure merupakan protokol keamanan yang menjamin security dan privacy kita saat menjelajah halaman web karena telah dienkripsi, protokol ini biasanya digunakan untuk transaksi pembayaran seperti di PayPal, internet banking, email, merchant, dll. Sebelum adanya fitur baru ini, kita sebenarnya dapat mengakses facebook dan menambahkan “https” sebelum alamat website, akan tetapi cara ini tidak berlaku untuk setiap halaman website di facebook. Dengan adanya fitur ini setiap halaman yang kita jelajahi di facebook sudah secure connection sehingga kita tidak perlu terlalu khawatir saat membuka facebook kita di jaringan yang tidak secure seperti public hot spot.
Full https ini juga akan melindungi kita dari serangan Firesheep atau semacamnya yang dapat mencium atau mengetahui halaman website yang telah kita buka dengan memanfaatkan cookie yang kita tinggalkan saat browsing. Dengan memanfaatkan Firesheep atau semacamnya dan hotspot wifi public, orang jahat atau mungkin orang yang cuma iseng akan dengan mudah meng-intercept browsing session kita dan dapat memulai browsing menggunakan akun facebook kita. Bisa anda bayangkan, informasi pribadi kita seperti email, nomor telepon, messages, dll diketahui oleh orang lain. Sudah bukan hal yang baru lagi saya kira kita mendengar teman atau orang di sekitar kita yang akun facebook-nya di-hack atau tiba-tiba password yang dia masukkan ternyata sudah ada yang merubah, dll.

Untuk mengaktifkan fitur keamanan baru ini silahkan ikuti langkah di bawah ini:
- Login ke akun facebook anda.
- setelah login masuk ke ‘Account Settings‘.
- dari jendela facebook ‘My Account’ di bagian bawah dengan tulisan ‘Account Security’ Set up secure browsing (https) and login alerts, klik ‘change’ kemudian centeng (atau centang siy..!??!) pilihan ‘Secure Browsing (https)’ Browse Facebook on a secure connection (https) whenever possible.
- lalu ‘Save’
- Selesai.
Nah, mulai sekarang halaman Facebook anda yang anda buka akan dimulai dengan https. Contohnya : https://www.facebook.com/rinko.samani/
Selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar