Selasa, 12 April 2011

10 Trik Rahasia Windows 7

Walaupun windows 7 sudah lama di rilis, namun sampai saat ini masih banyak orang yang masih merasa awam dan mungkin belum memahami fitur fitur menarik yang tersembunyi pada windows 7.
Nah buat anda yang mungkin masih awam dengan windows 7, berikut saya akan sedikit berbagi beberapa fitur menarik pada windows 7 yang mungkin akan bermanfaat bagi anda.
A. Keyboard shortcut
1. Alt+P : Menampilkan / menyembunyikan Explorer preview panel
2. Windows Logo+G :Menampilkan tool gadgets didepan window-window yang sedang tampil.
3. Windows Logo++ (Tombol plus) : Zoom in
4. Windows Logo+- (Tombol minus) : Zoom out
5. Windows Logo+Up : Maximise window
6. Windows Logo+Down : Minimise window
6. Windows Logo+Home : Minimise / maximize semua window kecuali window yang sedang terbuka.
B. Menampilkan Random Desktop Wallpaper
Anda dapar mengatur Random Wallpaper pada windows 7 dengan cara klik kanan bagian kosong di desktop anda klik Personalise > Desktop Background. Kemudian tekan CTRL sambil memilih gambar wallpaper yang ingin anda tampilkan dan pilih waktu jeda tampil wallpaper anda mulai dari setiap 10 detik sampai 1 hari, dan juga ada pilihan Shuffle jika anda ingin menampilkan desktop wallpaper anda secara acak dan terakhir klik Save Changes.
C. Copy atau Burning file image / virtual
Sekarang windows 7 langsung mencopy file image iso anda ke CD atau DVD tanpa perlu menginstall software lain. Caranya tinggal klik 2 kali file iso nya, kemudian plih drive DVD/CD writer anda yang sudah berisi CD/DVD kosong dan tinggal klik Burn.
D. Proteksi data
Windows 7 dapat memproteksi data yang ada di flashdisk anda dengan mengenkripsinya yang menggunakan program yang bernama Microsoft's BitLocker technology caranya tinggal klik kanan USB drive (flashdisk) anda kemudian klik Turn on BitLocker dan anda tinggal mengikuti instruki yang diberikan.
E. Mematikan pengaturan otomatis window
Di Windows 7 window dapat mengatur dengan sendirinya, misalnya jika anda tekan dan tahan window yang sedang dibuka dan geser ke paling atas desktop anda window tersebut secara otomatis maximize dengan sendirinya begitupun jika anda menggeser nya ke bagian paling kiri desktop maka window tersebut secara otomatis berukuran setengah layar desktop anda.
Jika anda tidak nyaman penyesuaian window secara otomatis ini anda dapat mematikannya dengan lakukan langkah berikut klik start ketik REGEDIT, kemudian telusuri HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop, ganti WindowArrangementActive menjadi 0 setelah itu tinggal restart windows 7 anda.
F. Membuat file crash dump
Windows 7 tidak akan membuat file report kerusakan software atau hardware (memory.dmp) jika anda hanya mempunyai kapasitas harddisk dibawah 25 GB. ini akan menjadi masalah jika anda ingin mengetahui kerusakan software atau hardware anda melalui file report memory.dmp. Tapi jangan kuatir fitur minimal 25 GB ini dapat dimatikan dengan cara klik start, ketik “REGEDIT” tanpa tanda kutip kemudian telusuri HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\CrashControl kemudian buat file DWORD baru bernama AlwaysKeepMemoryDump dan set menjadi 1.
G. Mengaktifkan mode XP
Jika kamu punya software lama yang tidak dapat dijalankan di windows 7, anda bisa mencoba XP Mode, yaitu sebuah virtual copy dari windows xp yang dapat di jalankan di desktop windows 7 anda. Tetapi XP mode ini dapat dijalankan jika komputer anda mendukung hardware virtualisation (AMD-V or Intel VT) yang sudah terintegrasi di prosessor dan tentu harus di enable di BIOS komputer anda
H. Kalkulator
Program kalkulator di windows 7 banyak tambahan fitur baru seperti konversi satuan panjang (cm, m, km), berat (gram, Kg), volume (liter,galon), dan lainnya. Ada juga fitur seperti kalkulasi tanggal misal: ada berapa hari kah diantara dua tanggal ada juga format sederhana untuk menghitung pajak, dan lainnya.
I. Format WordPad Baru
Jika anda membuat dokumen di Wordpad secara otomatis akan disimpan dengan format Rich Text Format (RTF). Tetapi sekarang anda dapat menyimpan file atau membuka file tersebut dalam bentuk format .docx (office 2007) dan format .odt (open office)
J. Pertolongan pertama troubleshooting
Jika di windows 7 ada yang error atau bermasalah, dan anda anda tidak tahu penyebab nya apa, mungkin anda bisa coba, klik control panel> Find and fix problems (or 'Troubleshooting'). Disini ada beberapa panduan untuk mencari dan merestorasi error yang ada di windows 7 anda. disini juga bisa melihat settingan windows anda, dan juga membersihkan sistem anda dari file-file yang sudah tidak diperlukan.
Semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar