Minggu, 26 Desember 2010

Restore dan Ganti Image pada Template Blogspot

Tulisan kali ini saya buat berdasarkan pengalaman saya dengan blog saya sendiri, mungkin pengalaman ini juga pernah dialami temen-temen blogger lainnya. Salah satu blog Blogspot yang saya punya tiba-tiba hari ini berpenampilan aneh, semua image dari template yang saya pakai hilang, ganti dengan kotak warna merah putih dengan tulisan “Upgrade to Pro today!” (ini pengalaman kedua, dulu pernah juga blog saya lainnya mengalami kasus sama).
Setelah saya perhatikan lebih lanjut, ternyata masalah ada pada file image yang digunakan pada template yang dihosting di Photobucket, entah bagaimana image tersebut tidak bisa lagi diakses di server Photobucket, ini bisa terjadi karena server Photobucket down, atau bisa juga karena saking banyaknya yang menggunakan template tersebut, sehingga kapasitas bandwidth yang disediakan untuk image yang bersangkutan habis, dan tidak bisa diakses lagi. (Dalam contoh image yang hilang saya beri tanda panah)



Dari pengalaman di atas, berikut saya buat trik sederhana untuk mangatasi dan menanggulangi kasus tersebut. Pertama yang harus disiapkan adalah image-image yang ada dalam template kita, biasanya pembuat template selain memberikan file template (.xml) juga melampirkan file image yang digunakan dalam templatenya. Setelah file image siap, buka Control Panel blog kita, dan buat posting baru, hanya saja dalam posting ini kita tidak menuliskan teks, tapi kita upload semua file image dari template yang ada.





Setelah image kita upload (image bisa kita upload langsung semua, atau bisa satu persatu), kita masuk ke Edit Html dari posting yang kita buat. Di sini kita cari url image yang baru kita upload (untuk satu image ada 2 url yang berbeda, pilih setelah kata src, copy url tersebut dan paste di notepad), url ini adalah url dimana image kita tersimpan di servernya Blogspot, jangan lupa untuk menyimpan posting yang telah kita buat tadi.

Langkah berikutnya kita masuk tab Layout, Edit HTML, centang tanda Expand Widget Templates, dengan bantuan fungsi Search/Find dari browser (Ctrl + F) yang kita gunakan kita cari nama file yang sama dengan nama file yang kita upload sebelumnya (biasanya dalam format .jpg, .gif, atau .png).


Setelah file tersebut kita temukan, select image tersebut berikut url-nya (ini adalah url dimana image lama tersimpan) dan ganti dengan url yang baru (yang tadi kita copy paste di notepad).


Demikian seterusnya kita ganti url image dari sumber lama dengan url baru yang telah kita upload dalam postingan di Blogspot.
Jika semua sudah diganti, preview terlebih dahulu hasilnya, jika sudah benar, baru kita simpan template yang baru saja kita ubah tadi. Dan jika berhasil maka template akan kembali seperti semula.


Langkah-langkah di atas saya buat karena image telah ada (telah disiapkan sebelumnya oleh si pembuat template), bagaimana jika kita belum punya imagenya. Jika kita belum punya, bisa dicoba untuk mengakses file image tersebut secara manual dan mengcopynya ke komputer kita sebagai data backup image. Langkah-langkahnya sebagai berikut.
Masuk ke tab Layout, dan Edit HTML, setelah kita centang Expand Widget Templates, kita lakukan pencarian dengan fungsi Search/Find dari Browser (Ctrl + F), cari dengan kata kunci .jpg atau .gif atau .png. Setelah itu copy url image tersebut.

Buka tab baru pada browser, dan paste alamat tersebut di url address kemudian tekan Enter. Jika image masih bisa diakses, copy image tersebut (Save Image As) dan simpan di komputer.



Dari file image yang tersimpan ini kita bisa gunakan sebagai cadangan atau backup untuk me-restore template blog kita.
Demikian informasi singkat seputar Blogspot ini, buat temen-temen yang belum mengalami kasus seperti di atas, ada baiknya melakukan proses backup image (jika belum punya backupnya), sebelum image tersebut tidak bisa kita akses lagi, semoga bermanfaat.

Sumber :www.ariawijaya.com

0 komentar:

Posting Komentar