Minggu, 12 Desember 2010

Cara Mempercepat Kinerja Komputer dengan Disk Defragmenter

Mempercepat akses ke Data, Disk Fragmentation memperlambat performa system computer secara keseluruhan. Jika files mengalami fragmentasi, maka computer harus melakukan searching untuk mengumpulkan / menyatukan kembali file tersebut sebelum bisa diakses, dan proses pencarian / penyatuan ini bisa membutuhkan waktu yang sangat lama. Sebuah file yang di tulis didalam sebuah hard disk di computer bisa terletak pada sector yang berurutan dan inilah seharusnya yang terjadi. Jika suatu hard sering dilakukan penghapusan file-2 maka hard disk tersebut bisa mengalami fragmentasi, dimana sebuah file baru yang ditulis kedalam hard disk akan tersebar di beberapa tempat yang tidak berurutan, maka untuk mengkases file tersebut, system harus menyatukan terlebih dahulu sebelum bisa diakses. 

Disk Defragmenter adalah utility Windows yang mengconsolidasikan file / folder yang mengalami fragmentasi di dalam hard-disk komputer sehingga masing-masing file / folder tersebut menempati suatu space tunggal didalam hard disk / tidak berserakan. Dengan file / folder yang tersimpan rapi ujung ke ujung tanpa mengalami fragmentasi, maka akan dipastikan bahwa proses pembacaan dan penulisan file menjadi lebih cepat.
Kapan harus menjalankan Disk Defragmenter
Disamping menjalankan Disk Defragmenter secara regular, dianjurkan dilakukan bulanan, ada saat dimana kita perlu menjalankannya seperti:
• Saat kita menambahkan file dalam jumlah besar
• Anda membebaskan space hard disk sekitar total 15% atau kurang
• Anda meng-install program baru atau versi windows yang lebih baru.
Bagaimana menggunakan Disk Defragmenter
1. Klik Start => All Programs => Accessories => System Tools => Disk Defragmenter. Kemudian klik Analyze untuk memulai Disk Defragmenter
Pada kotak dialog Disk Defragmenter, klik Drive yang ingin anda lakukan Defragment dan klik tombol “Analyze”. Setelah disk dianalisa, maka kotak dialog muncul untuk mengkonfirmasikan bahwa anda akan melakukan proses defragmentasi drive.
Tip: anda seharusnya melakukan analisa volume sebelum defragmentasi agar bisa memperkirakan berapa lama proses akan berlangsung.
3. Untuk mulai Defragment disk yang dipilih, klik tombol Defragment. Catatan bahwa dalam Windows Vista, tidak ada interface secara grafis yang menunjukkan proses berlangsungnya Defragmentasi – akan tetapi Hard disk anda sedang dalam proses defragmentasi. Setelah proses selesai, Disk Defragmentasi menampilkan hasilnya.
4. Untuk menampilkan informasi detail tentang disk defragment atau partisi, klik view report.
5. Untuk menutup report, klik Close
6. Untuk menutup utility Disk Defragmenter, klik tombol “Close” pada windows title bar.

0 komentar:

Posting Komentar