Senin, 09 Mei 2011

Cara booting dari Flashdisk untuk PC yang tidak support USB booting

Mungkin anda pernah mau menginstal windows di PC model lama melalui USB tetapi PC tersebut tidak mendukung USB? Pada umumnya motherboard lama tidak mendukung USB boot. Tapi kali ini saya akan berbagi dengan anda sebuah software sehingga anda bisa menambahkan dukungan USB boot untuk PC tersebut.. Program yang bernama Plop Boot Manager ini memungkinkan Anda untuk mengakses perangkat USB (atau drive apapun) tanpa perlu bios. Berikut adalah caranya:

1. Download Plop Boot Manager disini dan ekstrak.
2. Burninglah file image (plpbt.iso) ke dalam CD menggunakan software burning seperti Nero untuk membuat CD bootable.
3. Masukkan CD bootable yang telah kita burning tadi ke dalam CD / DVD drive dan restart PC Anda.
4. Pengaturan di BIOS, PC Anda boothing pertama harus boot dari CD (jika tidak, ubahlah urutan boot untuk memberikan CD / DVD Drive pertama didahulukan dari bios).
5. Setelah booting dari CD, Anda dapat melihat di layar di mana Anda dapat memilih perangkat boot. Pilih USB dari daftar itu.
Nah sekarang computer anda sdh bisa booting via USB,mudahkan…
Silahkan mencoba,semoga bermafaat

2 komentar:

  1. Pertamaxxx di postingan bank rinko :D

    saya biasanya instal pake cd installer sih, jika pake usb memang buat saya ini ilmu baru. tapi lebih mudah mana caranya sob dg biasanya? Apa tidak rawan disusupi virus yg menyelundup lewat usb-nya?

    BalasHapus
  2. nice info gan, ane coba dulu. udah dr kemaren ane pengen nyoba fedora live DVD, tp di kompi P4 ane cuma ada CD Rom duank & ga bisa boot lewat USB.

    BalasHapus