Rabu, 26 Januari 2011

CARA MENAMBAH KAPASITAS RAM DENGAN PAGING FILE

Banyak software yang terdapat pada Computer/PC anda biasanya kita sering bekerja sambil mendengarkan music di computer,entah itu menggunakan software seperti Winamp,Jet Audio,ataupun menjalankan aplikasi lainnya secara bersamaan.
Hal tersebut dapat menyebabkan computer menjadi kehabisan memori.Hal ini terjadi apabila kapasitas memori yang tersedia sangat sedikit atau sering disebut dengan Low Memory.
Menambah memory (RAM) pada computer merupakan solusi yang baik tapi agak ribet,selain harus membongkar CPU anda juga tentunya harus mengeluarkan biaya untuk membeli hardware tersebut.
Ada alternative lain yang dapat kita lakukan yaitu dengan cara membuat Virtual Memory.
Pada postingan yang lalu,saya pernah membahas Menambah Kapasitas Memori / RAM Dengan Flashdisk.Hari ini saya akan membahas tentang apa yang dinamakan Paging File yaitu dimana system operasi akan mengalokasikan sebagian hardisk untuk menjadi memory tambahan pada computer

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat virtual memory pada computer :
1.Klik Start > pilih Control Panel > pilih System akan muncul kotak dialog “System Properties”
2.Pilih Tab “Advance” kemudian pada box “Performance”, klik setting ulang sampai muncul kotak dialog “Performance Option”


3.Pada kotak dialog “Performance Option” plih Tab “Advance” lalu klik “Change”
4.Kemudian pada box “Virtual Memory” yang akan kita buat akan muncul daftar partisi hardisk pada computer anda.
5.Kemudian pilihlah drive yang berbeda dengan lokasi drive system anda,kemudian klik pada “Custom Size”
6.Terus isikan nilai pada initial size dan pada maximum size dalam MB.Sebagai catatan,untuk nilai initial size,kapasitas RAM dikali 1,5. Sedangkan untuk nilai maximum size,kapasitas RAM dikalikan 3.



7.Sebagai contoh, misalkan kapasitas pada RAM kita adalah 512 Mb, maka nilai pada initial sizenya adalah 756 Mb,sedangkan untuk maximum sizenya adalah 1512 Mb
8.Pastikan masih ada free space pada hardisk untuk menampung pada virtual memory yang telah kita buat tersebut.
9.Klik OK dan selesai

Selamat mencoba dan semoga computer anda dapat memberikan performance yang lebih baik dari sebelumnya setelah kita mengedit virtual memory

1 komentar: